Selasa, 17 Mei 2011

Pepesan kotoran burung



Suatu hari kong (kakek bahasa betawi) miun yang usianya sudah 70 tahun sedang dirawat di rumah sakit karena menderita komplikasi dan faktor usia juga. Kong miun berwasiat kepada cucunya sebagai permintaan terakhir.

kong miun : " cucu...."

cucu : " iyaa engkong....!"

kong muin : " cucu, gwe kan dah mau mampus nih...!"

cucu : " ah ngkong jangan begitu donk....!"

kong miun : " dengerin dulu, gwe kan dah mau meninggal nih, elo mau gak turutin permintaan gwe yang terakhir"

cucu : " iye kong " sambil serius dan waswas.

kong miun : " bener nih elo mau....?"

cucu : " Iye kong, apa aja yang engkong mau, ane turutin deh kong..!" sambil berkaca-kaca matanya.

cucu : " engkong emang mau ape?"

kong miun : " engkong mau lo bikin pepesan kotoran burung!"

cucu : " Lah yang ade aje, masa ane suruh bikinin pepesan kotoran burung....., giname sih engkong" dengan nada yang sedikit kesal.

kong miun : " lah kan gwe dah mau mampus....., anggap aja ini permintaan terakhir buat lo dari gwe, masa lo tega sih permintaan engkong yang terakhir gak loh turutin, lo kan cucu gwe satu-satunya yang gwe sayang.". sambil sedih si engkong.

cucu : " YaudAh ntar ane bikinin kong....."

Akhirnya si cucu bikinin dah tuh pepesan kotoran burung, dia kumpulin sisa-sisa kotoran burung di rumahnya, tetangganya dan di pasar burung. Dia bikinin tuh yang namanya pepesan kotoran burung.

Singkat cerita jadilah pepesan kotoran burung yang si engkong maksud. Dibawa ke rumah sakit dan sudah di sajikan oleh cucu tersebut buat engkongnya tercinta.

cucu : " kong...., ini pepesan kotoran burung nya sudah jadi, enak pasti nih kong"

kong miun : " makakasih ya cu....!"

cucu : " silakan kong...!"

Kon miun : " cu coba lo buka tuh pepesan, dan lo cobain dulu tuh pepesan...!"

cucu : " ah yang bener kong masa ane suruh ngerasain nih pepesan.....???"

Kong miun : " lah cucu ini kan permintaan terakhir ayo turutin, elo kan satu-satunya cucu gwe yang gwe sayang".

Akhirnya dengan berat hati si cucu nyobain pepesan itu.

kong miun : " Gmna cu enak kan? "

cucu : " Enak apaan!!! namanya kotoran mana ada yang enak !!!!". sambil mengeluarkan yang sudah di masukin kedalam mulut. " uweee...uweee.., nih udah gak enak sekarang giliran ngkong yang makan."

Kong miun : " cu..cuu..., gmn mana gwe mau makan, elo yang sehat aja bilang gak enak makan tuh pepesan, apalagi gwe yang sakit...! "

hahahahahah akhirnya tuh engkong gak jadi makan. hehehehehhehe
kong miun, kong miun, mau mampus aja nyusain...!
wkwkwkwkkwkwkw

wassalam

Jumat, 07 Januari 2011

Burung beo part 1


Dono bercerita dalam seuatu perjalannya di pasar burung pramuka jakarta timur,
Ada seorang pedangan menawarkan seekor burung,
Tukang burung : Mas, mau burung bagus gak neh!, beo neh mas.
Dono : Brapa duit mas?
Tukang burung : Rp 500.000,-
Dono : Loh kok mahal amat! apa kelebihannya?
Tukang burung : burung ini ajaib, kalo diangkat kaki kanannya dia akan bilang yang baik2! seperti selamat pagi, apa kabar, haloo dll.
Dono : Klo kaki kiri diangkat?
Tukang burung : Dia akan maki-maki mas. seperti : setan, sialan dll.
Dono : Klo dua2 nya??

Burung : Jatoh donk......!
hehehehhehehe...!

Minggu, 19 September 2010

jawa vs batak


disebuah pembicaraan yang panjannnnnnnnggggg......!
Tiga sekawan sedang berbincang seru! tiga sekawan itu bernama: si poltak (nano), slamet (dono) dan sanwani ba(betawi asli)(kasino)

Sanwani: gwe ada tebakan neh buat lo berdua..!

poltak : tebakan apa san? coba2....!(logat batak)

sanwani : orang jawa klo sendiri main apa??

slamet : main perkutut...!(logat jawa)

sanwani : betul .....! klo berdua??

slamet : cari kutu...! (logat jawa)

sanwani : hehehehe.....! klo bertiga??

Slamet : main kelenengang....! hahahah apalagiiii???? (logat jawa)

sanwani : klo lebih dari tiga???

Poltak : transmigrasi....! ( sambil teriak dan nyeletuk ) hahahahhaha.....! orang jawa tiap tahun cuma menyusakan pemerintah saja, hehehehehe ( logat batak ).

Slamet : waduh....! (logat jawa, sambil kesal dan garuk2 kepala)

Sanwani : hehehe sekarang giliran lo poltak! klo orang batak sendiri ngapain??

poltak : menyanyi solo ( logak batak)

Sanwani : klo berdua ??

poltak : main catur heheheh! apalagi....!? (logat batak)

sanwani : klo ber tiga??

poltah : main halma....!(logat batak)

sanwani : lebih dari tiga??

slamet : Bapak-bapak, ibu-ibu harap pintu dan jendela di tutup......! ada rampokkkkk....! hahhahahhahha ( logat jawa, sambil meledek dan teriak nyeletuk )

Poltak : sial kau slamet ....! (logat batak)

Sabtu, 31 Juli 2010

Si Poltak anak raja minyak dari medan


Aku jalan-jalan ke daerah sumatra utara, kan lewat pegununggan kalau lewat jalur darat. Jalannya seram sekali ber kelok-kelok sembilan, trus manunjak dan MANURUNG kebawah jalannya. Disana kulihat sebelah kanan banyak POHAN-POHAN yang rindang dan sebelah kiri TOBING-TOBING yang terjang serta udaranya SIREGAR mak.( Logat batak )

Ketika ku sampai dimedan aku berhenti di PASARIBUAN, aku bertemu dengan si RAJA GUGUK, trus aku di kejar-kejar oleh RAJAGUGUK. Kemudian aku lari hingga aku tersangkut baju ku sampai robek, lalu aku bawa ke PANJAITAN, aku jahit disana. Kemudian aku bayar ongkos jahitnya, ku kira bayarnya NAPITUPULU ternyata mahal PANGARIBUAN. Apes aku!

Aku lanjutkan pelarian setelah LAMA AKU MENANTI(LAM) jahitannya. Di jalan aku kembali di kejar oleh RAJA GUGUK, aku bersembunyi di TAMBUNAN tetapi tetap terlihat. Aku letih aku keluarkan pisau dari tasku untuk menantang raja Guguk, Eh pisau SITOMPUL!
heeeee!

Minggu, 04 April 2010

Kong Miun Pergi Haji


Kong miun adalah kakek gwe, umurnya 70an. Beliau pergi haji, yang nganter kong miun ke tanjung priuk ( Zaman dulu naik haji naik kapal) banyak banget 2 bus, 3 truk, dan 6 kol ( mobil bak yang buat ngangkut sayur) Maklum jaman itu jarang-jarang orang pergi haji.
Suatu ketika setelah tiba di mekah, kong miun mengendarai onta (jaman itu transportasi belum lengkap).
Memang nasib kong miun tidak baik alias kurang beruntung, kong miun dapet onta yang males, lambat banget gerakannya, mungkin tuh onta 2 bulan gak dikasih makan, maklum rumput di mekah jarang.
Suatu saat perjalan di padang pasir di kota mekah menuju ka`bah, kong miun tertinggal rombongan jauh sekali. Kan gak enak tertinggal rombongan mana sepi lagi, kong miun berpikir gmn ya biar nyusul??,
Kong miun : " Gmna ya caranya biar nyusul rombongan ya....! "
Sambil berpikir akhirnya kong miun dapet ide.
Kong Miun : " Nah, di tas kan ada remason gmna klo terpedonya (kemaluan) onta gwe olesin, pasti kepanasan dan larinya kencang"
Haaa dasar orang tua Idenya boleh juga.
Akhirnya di olesin deh tuh terpedo onta, srek ke srek ke srek ( bunyi gosokan )
ehhhh benar juga tuh kong miun tuh onta saking kepanasannya dia lansung lari kencang, sampai kong miun ketinggalan,
KOng Miun : "woi....tunggu onta knpe gwe di tinggal".
sambil ngejar tpi gak kekejar.
Kong miun : " Made rabit tuh onta ........! sial gwe ketinggal lagi gmn ya, biar bisa ngejar ketinggalan "
Sambil berpikir akhirnya ketemu ide tuh kong miun
Kong miun : " tuh onta bisa lari kenceng lantaran terpedonya di kasih balsem, sekarang gmna kalo gwe oles juga ke terpedo gwe biar gwe bisa lari kenceng....! heeee "
Bener juga tuh kong miun, akhirnya tanpa ragu dia buka remasonya dia oles deh di ter pedonya, srek ke srek ke srek ( bunyi gosokan )

Eh apa yang terjadi ????????
bukanya kong miun lari kenceng, dia malah kelojotan di padang pasir.......!!!!
heeeeee heeeeeee heeeeeeeee
kong miun2 adeade aja dah.......!

Sabtu, 09 Januari 2010

Tukang Bemo dan si bindeng.


Bemo adalah kendaraan umum roda tiga yang ada di jakarta, masih keturunan bajaj bemo meliki mesin dan suara yang sama dengan bajaj cuma bemo berpenumpang di belakang seperti opelet, jadi bemo berpenumpang lebih banyak dari pada bajaj.

Suatu ketika di bemo jurusan tanah abang ke karet sudirman, sampai di kecamatan tanah abang ada penumpang turun, dengan bersuara bindeng.

Penumpang : " Kiwi bang" ( logat bindeng )
Kemudian bemo tersebut berhenti ke pinggir.

Setelah berhenti penumpang turun dan ke depan untuk membayar.

Penumpang : " Brape bang?" ( logat bindeng )
Abang bemo diam aja

Penumpang : " Brape bang?" ( logat bindeng )
Abang bemo diam lagi.

Penumpang : " Eh abang ! ditanya diem aja, neh Gocap ( lima puluh perak )"
Tuh abang tetap diam aja dan menerima uang Rp 50,- dari penumpang.

Kemudian Bemo melaju kembali ke arah karet.
Penumpang yang lain yang duduk disebelah supir bemo itu bertanya :

Penumpang 2 : " Abang kok diam aja ditanya tadi, trus dibayar gocap diam aja, knpa bang? "

SUpir Bemo : " Bukan Kenape2 bang, ntar klo ngomong disangka ngeledek, mendingan rugi dibayar gocap deh, dari pada ntar di pukul gara2 disangka ngeledek" ( dengan logat bindeng juga )

heee Ternyata tuh tukang bemo bindeng juga.

Rabu, 08 Juli 2009

Pak sastro berhenti meroko.


Sebuah cerita tentang rumah tangga, ada sepasang suami dan istri sedang berbincang dengan serius di kamar tidur.

Istri : "Pak bagaimana klo kita pisah ranjang dan gak usah berhubungan badan dulu, ibu kan cape melahirkan trus."
Suami : " Yah Ibu gimana ?, tapi kan bapak gak bisa nahannya neh".
Istri : " Bisa lah pak, masa kamu gak , tetangga sebelah saja pak sastro yang katanya kecanduan meroko bisa dia tinggalkan demi istrinya, masa bapak gak bisa ".

Akhirnya dengan berat hati dan rasa gengsi tidak mau kalah dibandingkan dengan pak sastro tetangga sebelah, Bapak menerima tawaran ibunya.

Satu minggu berlangsung si bapak gak tahan ketuk-ketuk pintu kamar ibu.

Bapak : " Bu...... Ibu....."
Istri : " Inget pak perjanjian......"

Dua Minggu Berikutnya.......Bapak kembali ketuk-ketuk pintu kamar ibunya.

Bapak : " Bu...... Ibu....."
Istri : " Weh si bapak Inget-inget ......"

Tiga minggu berikutnya malah ibunya yang ketuk-ketuk kamar bapak.

Istri : " Pak........ Pak......"
Suami : " Ibu gak ah bu... ingBt Kb-KB........"
Istri : " Bukan itu pak , anu saya mau cuma mau kasih tau, "
Siami : " Kasih atau apa bu ?...."
Istri : " Anu pak.........tetangga kita Pak sastro "
Suami : " Knapa Pak Sastro?..."
Istri : " Pak Satro sudah mulai meroko lagi "
haaha...........Gak taunya ibu lebih gak nahan...........!